Selasa, 16 Maret 2010

asiknya komunikasi instant!





Gue baru aja ngerjain tugas PTK pertemuan 3, dalam tugas itu disebutkan kalau dalam teorinya jussawalla, memberikan penilaian : Bahwa masyarakat modern dewasa ini sedang dalam periode yang paling mengasyikan (exiting) dalam sejarah kehidupannya karena mengalami perubahan teknologi yang sangat pesat, dimana komunikasi dapat langsung secara seketika (instant). Maksudnya adalah bahwa masyarakat memang sedang sangat menikmati komunikasi karena sangat mudahnya komunikasi tersebut. Bahkan sekarang komunikasi sudah memberikan added value yang cukup bagi kehidupan manusia, entertain juga edukasi disamping berkomunikasi, itulah membuat komunikasi instan menjadi menyenangkan.

Lalu sekarang gue sedang berfikir nih, disetiap hal itu pasti bagaikan pisau bermata dua bukan? apabila ada positifnya, tidak mungkin sekali tidak ada negatifnya. Tapi kenapa Jussawalla dengan percaya dirinya menyatakan bahwa kemudahan berkomunikasi secara instan, komunikasi dengan added value, ini merupakan periode paling mengasyikkan? periode paling exciting? why? oke coba kita berfikir dengan perspektif terbalik. Kita berfikir bersebrangan dengan teori yang dicetuskan oleh Jussawalla. oke, 'dalam hal ini, kita menganggap komunikasi instan tidak mengasyikkan, added value yang ditawarkan komunikasi jaman sekarang, membuat komunikasi tidak menyenangkan..' (secara ringkas, bersebrangan dengan teori Jussawalla)
Kenapa sih komunikasi instan jadi tidak mengasyikkan? Oke, sekarang lagi jamannya nih BBM (blackberry messenger) kurang instan apa tuh, kita bisa langsung menyampaikan pesan kepada si empunya BB tanpa peduli dia sedang apa, lagi dimana, sama siapa, blablabla. berbeda dengan messenger2 terdahulu bisa sign off, BBM bila BB aktif, maka BBM always on standby. great! semakin mudah saja menjangkau manusia di sebrang sana. padahal, setiap orang memiliki 'area' dimana ingin jauh dari jangkauan, ingin privacy, ingin untouchable, atau unreachable deh.
oke, bukti lain, bahwa ada suatu riset yang mengatakan bahwa dengan meningkatnya pengguna blackberry, meningkat pula tingkat stress hingga bunuh diri yang dilakukan oleh masyarakat dunia. kenapa? ketika biasanya kita cak email di komputer kantor, kini dengan tersedianya 24hr online email on BB, setiap email pekerjaan masuk pula ke blackberry, tidak peduli sedang dalam kemacetan di jalan, sedang santai dirumah, sedang bermain bersama keluarga, ketika melihat blackberry ada email soal pekerjaan. hal ini seolah memudahkan komunikasi, namun mempersulit waktu luang. Ada orang yang tidak-terlalu-peduli, namun jangan salah, si workaholic mungkin bisa tidak mandi atau tidur bila mendapati masih ada 1 inbox still 'bold' belum dibuka, belum dibaca, dan belum diselesaikan. Disisi lain, komunikasi instan membuat kita jadi gak pernah kenal dengan yang namanya 'kangen'. Adoohh, plis deh, dangdut banget sih..Ooops, bukan gituu, tapi ini bener loh, kenyataan! coba aja jaman dulu, ada seni nya aja gitu, nulis surat, ngepos surat, sambil nunggu depan rumah surat kita dibalas oleh orang yang ditunggu. jaman sekarang? whooaa~so last year yaa pake surat!
dan lagi, apa sih efektifnya berkomunikasi via chat atau telefon? sialnya, makin banyak orang ngomongin hal-hal penting by chat atau phone! padahal miss komunikasi sangat amat rentan terjadi. Ini dia, orang jadi malas face to face akibat kemudahan berkomunikasi, padahal web cam chat sekalipun, tidak dapat menggantikan komunikasi secara langsung by face to face.
Added value yang diberikan oleh komunikasi jaman sekarang apa sih? gak usah jauh-jauh deh, misalnya facebook!
facebook-an bikin kita lupa sama waktu! niat awalnya sih cuma pengen ngucapin selamat ulangtahun di wall temen, tapi pas buka wall nya ada foto tagged dari orang lain, kita liat-liat, comment2 foto, dan kalo udah bales2an comment foto, dipastikan bisa lupa daratan deh. ibu rumah tangga lupa jemput anaknya sekolah gara-gara main facebook, masakan gosong gara2 facebook, anak ga belajar gara2 asik main facebook, aaahh terlalu banyak added value yang ditawarkan facebook. belum game2nya, macam pet society, mafia wars, poker, apalaah ituuu. jadi, banyak juga kan penyimpangan yang terjadi akibat terlalu mudahnya berkomunikasi dan banyaknya varian berkomunikasi!
edukasi emang didukung banget oleh kecanggihan teknologi, tapiii..jaman bapak gue masih kuliah pun doi bisa lulus tuh. padahal jaman dulu boro-boro ada google kan?
kita terlalu dimanjain nih sama google.
dikit-dikit nanya google, gatau dikit searching google, jadi manjaaa, gamau baca buku!
maunya searching-copy-paste-print-ngumpulin. yaelaaahh, tugas jadi sederhana, tapi pola berfikir ikutan sederhana, kasian otaknya, nanti kalo di jual kemahalan gara-gara jarang dipake. (padahal gue juga ketergantungan google sih :P :P) buktinya front page gue itu masih google, hehe...ga aneh sih, 90% pengguna laptop atau komputer front page nya pasti google :p
masih berfikir akan 'asyiknya' jaman komunikasi sekarang?
masih!
gue pun masihh..
paling tidak kedatangan era digital, meminimalisir pemakaian kertas-kertas, go green!

Jussawalla sama sekali tidak salah memberikan statement bahwa ini era yang menyenangkan untuk komunikasi, komunikasi instant, mudah, dan memiliki banyak added value, mungkin satu yang dia tidak sadari, sesuatu yang instant emang praktis dan enak, tapi, satu yang dia mungkin lupa, mie instant itu merusak kesehatan lhoo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar